Lewati ke isi

Kata Pengantar

Elemen inovasi dasar di dunia yang digerakkan aplikasi hari ini adalah Application Programming Interface (API). Dari bank, ritel, dan transportasi hingga IoT, kendaraan otonom, dan kota pintar, API merupakan bagian penting dari aplikasi seluler, SaaS, dan web aplikasi dan dapat ditemukan dalam aplikasi untuk pelanggan, mitra, dan internal.

Berdasarkan sifatnya, API mengekspos logika aplikasi dan data sensitif seperti Informasi Pribadi yang Dapat Diidentifikasi (PII) dan karena ini, API semakin menjadi target para penyerang. Tanpa API yang aman, inovasi cepat akan menjadi mustahil.

Meskipun masih dapat menggunakan Top 10 risiko keamanan aplikasi web yang lebih luas, namun karena sifat khususnya, dibutuhkan daftar risiko keamanan API yang spesifik. Keamanan API berfokus pada strategi dan solusi untuk memahami dan memitigasi kerentanan unik dan risiko keamanan yang terkait dengan API.

Jika Anda sudah akrab dengan Proyek OWASP Top 10, maka Anda akan melihat kesamaan di antara kedua dokumen: mereka ditujukan agar mudah dibaca dan diadopsi. Jika anda baru mengenal seri OWASP Top 10, anda mungkin lebih baik membaca bagian Risiko Keamanan API dan Metodologi dan Data sebelum melompat ke daftar Top 10.

Anda dapat berkontribusi pada OWASP API Security Top 10 dengan pertanyaan, komentar, dan ide Anda di repositori proyek GitHub kami:

  • https://owasp.org/www-project-api-security/
  • https://github.com/OWASP/API-Security/blob/master/CONTRIBUTING.md

Anda dapat menemukan OWASP API Security Top 10 di sini:

  • https://owasp.org/www-project-api-security/
  • https://github.com/OWASP/API-Security

Kami ingin berterima kasih kepada semua kontributor yang membuat proyek ini terwujud dengan upaya dan kontribusi mereka. Mereka semua tercantum di bagian Ucapan Terima Kasih. Terima kasih!